Mobil Trailer untuk Angkut Container

Kegunaan mobil trailer untuk angkut container menjadi sangat penting untuk perusahaan di bidang ekspedisi dan logistik. Kontainer memiliki banyak peran penting, salah satunya untuk mendukung proses pengiriman barang dari satu lokasi ke lokasi lain. 

Biasanya yang menggunakan kontainer sebagai tempat penyimpanan paket adalah ekspedisi jalur laut. Bisnis ekspor impor yang ingin menanggung harga ongkos kirim lebih murah bisa memanfaatkan layanan ekspedisi kapal laut dengan waktu sampainya lebih lama.

Mobil Trailer untuk Angkut Container Full dan Empty

Demi mendukung pengiriman barang besar dengan kontainer, butuh moda transportasi yang memadai. Ada beberapa jenis kendaraan pengangkut kontainer, salah satunya mobil trailer untuk mengangkut container yang penggunaannya bisa mengangkat beban lebih banyak. Trailer merupakan salah satu dari beberapa jenis yang bisa digunakan untuk mobilisasi barang. 

Keliru memilih jenis kendaraan angkut akan berpengaruh terhadap keamanan barang serta keselamatan pengemudi serta barangnya selama perjalanan. Jenis kendaraan ini berbeda dengan tronton, kapasitasnya jauh lebih besar dan bisa mengangkat benda lebih banyak. 

Daya angkutnya mulai dari 20 sampai 60 ton per sekali jalan dan tersedia dalam dua ukuran berbeda, yakni ukuran 20 dan 40 feet. 

Semakin besar ukuran tentunya semakin besar juga kapasitas penyimpanan barangnya. Khusus ukuran mobil trailer untuk angkut container 20 feet hadir dengan empat atau lima sumbu roda, sementara ukuran 40 feet biasanya memiliki sejumlah 6 sumbu roda. Karakteristik lainnya dari kendaraan ini adalah bisa menyesuaikan dengan bagasi yang dibawa. 

Baik kegunaannya dalam membawa flatbed, box, flat track, juga lowbed bisa dimobilisasikan secara aman dari lokasi awal ke lokasi tujuan tempat konsumen memesan. Jenis-jenis Mobil Trailer yang Beragam. 

Beberapa tipe trailer sudah disebutkan sedikit sebelumnya, seperti flatbed dan lainnya. Informasi lebih detail mengenai tipe-tipe tersebut akan kami ulas melalui penjelasan berikut: 

1. Trailer Flatbed 

Model mobil trailer untuk angkut container flatbed kerap ditemukan di jalanan, biasanya untuk mengangkut benda berat, seperti salah satunya mobil. Total roda bisa sampai 10 buah dengan pengemudi yang harus diperiksa dulu kemampuan berkendaranya. 

Jenis trailer ini sangat panjang dan besar, sulit mengemudikannya pada belokan jika pengemudi tidak mahir mengoperasikannya. Biasanya ketinggian mobilnya sekitar 8,5 feet yang bisa disesuaikan dengan angkutan barang, bisa ditutup menggunakan terpal juga. 

2. Pengiriman Pendingin 

Khusus kendaraan ini lebih kecil dari nomor satu dan berbentuk tertutup dengan atap lengkap. Fungsinya untuk mengantarkan bahan makanan atau segala sesuatu yang harus selalu dalam kondisi dingin, contohnya produk di toko frozen food. 

Container yang diangkut dengan mobil trailer disebut juga dengan container reefer. Peti kemas seperti ini dilengkapi dengan pengatur suhu hingga suhu beku. Untuk digunakan menyimpan barang-barang yang mudah rusak, seperti daging, ikan, sayur, buah dan obat-obatan.

 Jenis mobil trailer untuk angkut container ini juga biasanya jadi transportasi andalan bagi pengusaha es krim. Fitur pendingin di dalam trailernya membuat barang yang diantarkan selalu aman dan bisa sampai dengan utuh ke tangan pelanggan. 

3. Straight Truck 

Straight truck merupakan truk kotak yang memiliki panjang antara 12 sampai 26 feet dengan maksimal pengangkutan beban 12ribu pounds. Kendaraan satu ini biasanya dimanfaatkan untuk pengantaran furniture, peralatan rumah, dan masih banyak lainnya. 

 Ketiga jenis trailer di atas menjadi pembeda dengan berbagai kendaraan pengangkut barang lainnya. Pastikan Anda menentukan transportasi yang tepat sesuai kebutuhan dan kapasitas serta jenis barang. 

Dalam artikel kali ini kami hanya membahas mobil trailer yang biasa mengangkut container full dan cotantainer empty. Biasanya untuk pengiriman container bekas oleh perusahaan jasa yang jual container bekas. Yang digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti container office maupun untuk container gudang.

Mobil angkut barang ada banyak jenisnya, setiap jenis memiliki spesifikasi berbeda yang menyebabkan daya angkut terhadap barangnya juga tidak sama. Salah satu kendaraan dalam bidang ekspedisi adalah mobil trailer untuk angkut container dengan kapasitas lebih besar.

Posting Komentar untuk "Mobil Trailer untuk Angkut Container"